Blog / Desain dan Media · April 4, 2021

Media Audio Visual

Sekilas Tentang Media Audio Visual, Apa itu Media, Apa itu Audio dan apa itu visual? jadi media itu merupakan sebuah wadah atau alat yang akan kita gunakan, sedangkan audio merupakan sebuah suara atau bunyi dan visual merupakan sebuah penglihatan . jadi, Media Audio Visual Merupakan media yang memiliki sebuah Unsur gambar dan Suara. contohnya seperti Video / Film / TV dan iklan. berikut salah satu contoh yang akan diambil berupa iklan.

Iklan: Triple Chocolate – Pingpong

Gambar 1: Iklan Super Star Triple Chocolate

Jadi, Iklan ini adalah iklan tentang produk makanan ringan. pasti kalian tahu bahwa iklan ini yang pernah tampil di sebuah pertelevisian indonesia, iklan tersebut adalah iklan lanjut dari episode sebelumnya. cukup menarik dan kreatif. tujuan dalam iklan ini adalah jangan mudah lelah, jangan putus asa dalam melakukan aktivitas apapun dan tentunya minat pada audies untuk segera mencoba produk tersebut.

Gambar 2: Suasana sarana olahraga Pingpong

Dalam Iklan ini menceritakan seorang remaja sedang bermain pingpong bersama temannya. mereka teman berpakaian kotak kotak merah sangat bersemangat dan sedangkan yang satunya mencoba menghadang agar tidak menang dalam permainan pingpong.

Gambar 3: Kekuatan

Pada akhirnya teman berwarna kotak kota merah ini menang. dikarenakan sangat tangguh dan kuat. yang lainnya pada berlarian dikarenakan takut ikut dikalahkan teman tersebut.

Gambar 4: Teman

Ketemulah teman wanita yang berani dan memberikan sebuah makanan ini. untuk menunjukan kekuatan super yang ia kasih kepada teman laki laki yang berkacamata ini.

Gambar 5: kekuatan super triple

Keluarlah Tangan super ini untuk mengalahkan teman yang berpakaian kotak kotak merah ini. sambil memakan cemilan ini kita bisa bangkit kembali dengan kuat dan super power.

Dalam sebuah kisah ini yang berlatarbelakang disuasana sarana olahraga disebuah sekolahan. kedua anak ini sangat pandai dalam bermain pingpong, mereka berdua tidak mudah menyerah, namun sayangnya tenaga mereka anatara salah satu sudah terkuras habis sehingga lawan mereka semakin kuat. Dalam Ruang Visual ini sudah mencocokan antara ruangan dan suasana. titik fokus pada kedua orang ini dan produk tersebut. Ukuran kamera yang ia pakaian menggunakan Wide shot dan medium shot.

Wideshot ini menampilkan pada bagian awal iklan saat diputar dan bagian akhir iklan tersebut. saat dimulainya pertandingan pingpong.

Gambar 6: bagian medium shot

sedangkan medium shot menampilkan pada bagian sesudah iklan yang diputar dalam pertandingan pingpong dan teman wanita .

Memasuki dalam pengambilan framing pada sebuah iklan ini mengkomposisikan beberapa bagian yang dimana dimulai di sebelah kiri, kearah kanan dan Full frame yang menjadi titik fokus Audiens agar melirik sebuah produk tersebut.

Pada pengambilan Gambar iklan tersebuah didalam jarak dan perspektif sangat kuat dan jelas dibagian pemainan pingpong tersebut dalam titik fokus memiliki perhatian pada agenda diberikan sebuah cemilan pada saat teman laki laki merasa kelelahan dan wanita tersebut hadir memberikan sebuah cemilan untuk mengebalikan energi lelah menjadi semangat. dalam pencahayaan terhadap iklan tersebut cukup baik dan mendukung suasana. Di dalam sebuah gambar tersebut memiliki titik sentral yang dimana menjadi titik fokusnya para audiens agar minat terhadap produk tersebut. titik tersebut merupakan titik horizontal , titik yang diterima merupakan One-Point Perspective dan Two-Point perspective.

Mengapa saya tertarik dengan iklan tersebut karena ada beberapa kesamaan yang berupa pesan. Pesan yang disampaikan dari iklan tersebut adalah Kita mempunyai banyak aktivitas yang tanpa berhenti untuk mengejar sesuatu. namun dalam kesibukan sehari hari tentu memiliki rasa lelah atau kurang semangat, semua tenaga pasti banyak terkuras. solusinya adalah selalu siapkan tenaga semaksimal dan jika merasa lelah cobalah untuk istirahat sambil menikmati cemilan wafer coklat yang dapat menenang suasana hati kita supaya kembali semangat dan berjuang.

%d bloggers like this: